Listen Qur'an

Listen to Quran

Assalamu'alaikum

Kamis, 18 Februari 2010

Ssssst…Ukhty, kemarilah! Aku bisikkan sesuatu untukku dan untukmu…

Ssssst…Ukhty, kemarilah! Aku bisikkan sesuatu untukku dan untukmu…

Oleh : Ummu Salman Al-Jakartiyyah

بسم الله الرحمن الرحيم

Sssst.. Ukhty kemarilah! Aku bisikkan sesuatu untukku dan untukmu…

Tahukah engkau ukhty, bahwasanya kita tidak dapat menguasai hati kita sendiri. Sebagai contoh, tiba2 saja engkau jatuh cinta dengan seorang pemuda yang selama ini engkau benci. Atau tiba2 saja engkau jatuh cinta.. padahal engkau tidak ingin terjebak dalam kezinaan. Engkau berusaha sekuat tenaga untuk tidak mencintainya… sanggupkah engkau mempertahankannya saat virus2 itu menyebar keseluruh aliran darahmu, duhai ukhty? Jawabmu, “bisa…” tapi coba tanyakan hatimu…

So pasti diiringi dengan uring2an, gundah gulana, gelisah, tangisan, bahkan jeritan… wanita oh wanita…. tipu daya syetan sungguh menyebalkan… semakin ingin dilupa justru semakin menjadi-jadi gentayangan diseluruh jiwa dan pikiran…. bukan begitu bukan???

Ketahuilah duhai ukhty, bahwasanya Alloh Ta’ala membatasi manusia dengan hatinya. Tidak percaya? Cobalah simak firman-Nya berikut :

“dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Alloh membatasi antara manusia dan hatinya, dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.” (QS. Al-Anfal : 24)



Perhatikanlah ukhty, selain Alloh membatasi hati kita dengan diri kita sendiri, ternyata Alloh Ta’ala juga tidak memberikan kita hak untuk menguasai hati kita…karena sesungguhnya Alloh yang berkuasa atas hati setiap manusia. Imam Ahmad dengan sanadnya kepada Abdullan bin’Amr, bahwasanya ia mendengar Rosulloh Shollallohu’alayhi wa sallam bersabda :

“Sesungguhnya hati manusia seluruhnya ada diantara dua jemari Alloh Subhanahu wa Ta’ala seperti satu hati, Dia berbuat (mengatur) terhadapnya sesuai dengan kehendak-Nya”

Lantas…Ukhty, bagaimana mungkin kita dapat melihat cahaya Alloh Ta’ala pabila hati kita berkarat?

Maka, kemarilah! Kubisikkan lima perkara yang menjadi penghalang antara HATI dan ALLOH TA’ALA, menghambat perjalanan kita dan menimbulkan penyakit didalam hati kita…

1. TERLALU BANYAK BERGAUL DAN BERCANDA DENGAN MANUSIA.

Hal ini bisa memenuhi hati dengan polusi Bani Adam, sehingga hati mereka menjadi hitam. Akibat yang ditanggungnya adalah gesekan dengan teman-teman yang jahat, banyak kemaslahatannya yang terbuang sia-sia, sibuk dengan urusan mereka, pikiran terpecah untuk memenuhi berbagai macam keinginan dan tuntutan mereka. Jika seperti ini keadaannya, lalu APA YANG MENYISA BAGI ALLOH DAN KAMPUNG AKHIRAT?!?

“Teman2 akrab pada hari itu, sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang2 yg bertakwa” (QS. Az-Zukruf :67)

Maka, untuk mencari keseimbangan dalam masalah pergaulan ini atau pergaulan yang bermanfaat ialah bergaul dengan manusia dalam kebaikan, seperti mempelajari ilmu, berjihad, nasehat menasehati, menjauhi mereka dalam keburukan dan hal-hal mubah yang kelewatan.

Jika kita terpaksa harus bergaul dengan mereka dalam keburukan dan tidak mungkin untuk menghindar, maka kita harus waspada agar jangan sampai menyerupai mereka dan kita harus bersabar menghadapi gangguan mereka. Sebab sudah selayaknya jika mereka mengganggu kita, terlebih jika kita tidak memiliki kekuatan dan pendukung. Sebab jika kita berbuat seperti yg mereka perbuat, hanya akan mendatangkan kehinaan dan celaan orang2 mukmin dan Alloh.

2. MENGARUNGI HAMPARAN LAUTAN DAN ANGAN-ANGAN YANG TIDAK BERTEPI.

Hal ini merupakan lautan yang diarungi orang-orang yang bangkrut! Ada yang berangan2 memegang kekuasaan, memiliki harta yang menumpuk, memiliki suami ganteng dan lain sebagainya. Setiap orang menciptakan didalam jiwanya gambaran yang diinginkannya. Seakan2 dia beruntung mendapatkannya. Namun ketika dia tersadar, ternyata tangannya hampa dan hanya memegang bantal.

Sebaliknya orang yang memiliki hasrat yang tinggi, maka angan2nya berkisar pada ilmu dan iman serta amal yang bisa mendekatkan dirinya kepada Alloh.

3. BERGANTUNG KEPADA SELAIN ALLOH

Ini merupakan perusak hati yang paling besar dan tidak ada bahaya yang lebih berbahaya selain dari hal ini, tidak ada yang lebih menghambat kemaslahatan dan kebahagiaannya selain dari hal ini. Ketahuilah, bahwa JIKA HATI BERGANTUNG KEPADA SELAIN ALLOH, MAKA ALLOH MENYERAHKANNYA KEPADA SESUATU YANG DIJADIKANNYA SEBAGAI GANTUNGANNYA ITU.

4. MAKANAN YANG BERLEBIHAN

Ada dua macam kaitannya dengan makanan ini, yaitu :

a. Jenis makanannya itu adalah makanan yang diharamkan. Makanan yg diharamkan ini ada 2 macam, yang haram menurut hak Alloh, seperti bangkai, darah, babi, binatang buas yg bertaring dan burung yg bercakar tajam. Dan yang haram menurut hak manusia, seperti barang curian dan yg diambil tidak berdasarkan ridho pemiliknya.

b. Makanan yang merusak karena pertimbangan porsi dan jumlahnya serta melebihi batasnya, seperti berlebih2an dalam mengkonsumsi makanan yang halal dan makan terlalu kenyang, karena dapat memberatkannya untuk mengerjakan ketaatan dan membuatnya sibuk dengan urusan makanan semata, sehingga bisa membuat badannya menjadi gemuk dan menguatkan syahwat, yg berarti membuka jalan yang lapang bagi syetan, sebab syetan bisa menyusup kedalam tubuh manusia lewat aliran darahnya.

5. BANYAK TIDUR

Karena banyak tidur membuat badan terasa berat, membuang2 waktu secara percuma, mengakibatkan lalai dan malas serta hal-hal makruh lainnya. Sedangkan tidur yng paling bermanfaat adalah jika memang diperlukan untuk tidur.

Nah, ukhty.. menurutmu mana yang saat ini sedang menggerogoti hatimu???

Yuk, kita obati bareng2 sebelum hati kita menjadi bertambah sakit dan akhirnya MATI…

Walloohu a’lam

Maroji’ :

Kitab Madarijus Salikin, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rohimahulloh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar